Bisa Perpanjang Umur Manusia

Siapa yang tak ingin panjang umur? Google dan Apple dikabarkan tengah meran- cang suatu teknologi anyar yang diklaim dapat memperpanjang umur manusia. Mungkinkah? Sudah sejak beberapa waktu, perusahaan teknologi raksasa Google dikabarkan tengah serius melakukan suatu proyek penemuan teknologi terbaru masa depan. Proyek yang dikenal dengan nama “Shoot the Moon Project” atau Proyek Menembak Bulan tersebut tidak dilakukan main-main atau sekadar omong kosong. Buktinya sejauh ini beberapa penelitian dan teknologi-teknologi baru sudah diperkenalkan dalam proyek ini. Salah satunya ialah Pioneer gadget Wearable Google Glass. Google Glass walau belum diperjualbelikan secara resmi, namun kacamata canggih dengan ­tur futuristik ini dianggap sebagai salah satu gadget yang akan banyak digunakan di masa depan.

Proyek Menembak Bulan

Masih dalam naungan “Proyek Menembak Bulan”, kini Google memperkenalkan perusahaan baru yang dibentuk dengan misi untuk memperpanjang umur manusia. Disadur dari Blog resmi Google perusahaan tersebut diberi nama Calico. Berbeda dengan anak perusahaan Google yang lain, Calico didirikan untuk berfokus pada penemuan teknologi terbaru masalah kesehatan. Dan salah satu fokus utama Calico ialah mengenai penuaan yang terjadi pada manusia, serta beragam penyakit yang berkaitan dengan proses penuaan tersebut. Fokus utama Calico tentulah tidak akan mudah dicapai begitu saja. Butuh penelitian yang sangat serius dan tentunya bukan hal yang mudah untuk mewujudkannya. Penuaan yang terjadi pada manusia merupakan hal yang alamiah terjadi, namun banyak orang yang tidak menginginkan penuaan ini terjadi.

Upaya Google

Calico digadang-gadang akan menjadi salah satu anak perusahaan Google yang cepat meraih kesukses an. Pasalnya Google menggandeng sosok-sosok hebat dari bidang penemuan teknologi terbaru yang sudah berpengalaman dalam menggabungkan antara teknologi dan sains. Salah satunya adalah Arthur D Levinson yang berada di kursi Kepala Eksekutif atau CEO di Calico. Levinson pun merupakan seorang investor yang ikut serta dalam mendirikan Calico. Sebelumnya Levinson dikenal sebagai mantan CEO di perusahaan bioteknologi Genentech serta Chairman di perusahaan raksasa gadget, Apple, Inc. “Penyakit dan penuaan berdampak kepada semua keluarga. Untuk jangka panjang, pemikiran menembak bulan dalam hal kesehatan dan bioteknologi, saya percaya kami bisa meningkatkan kualitas jutaan manusia,” kata CEO Google Larry Page di blog itu. “Sangat mustahil untuk membayangkan ada orang yang lebih baik dari Art (Levinson), salah satu ilmuwan terkemuka, enterpreneur dan CEO andal di generasi kita, untuk memimpin perusahaan baru ini,” lanjut Page.

Arthur D Levinson

Dalam kesempatan itu pulalah, Page mengungkap alasan mengapa Arthur Levinson yang dipilih menjadi orang nomor satu di Calisco. Rupanya Art Levinson menunjukan dedikasi yang tinggi di dunia sains serta penemuan teknologi terbaru dan berada dalam satu tujuan dengan Google, yakni meningkatkan kesehatan manusia. “Fokus Larry (Page) dalam kemajuan yang besar telah menginspirasi saya, dan saya sangat antusias mengenai apa yang akan ada selanjutnya,” ujar Levinson. Walau sudah resmi menduduki kursi tertinggi di perusahaan Calisco, dan dipastikan akan disibukkan dengan rangkaian penelitian di bidang sains, serta menemukan formulaformula baru demi memperpanjang umur umat manusia. Rupanya Levinson tak begitu saja meninggalkan posisi lamanya. Ia memastikan bahwa dirinya tetap akan menjabat Chairman di Genentech, Direktur di Hoffmann-La Roche, juga sebagai Chairman Apple. Langkah Levinson untuk memimpin proyek ini mendapat dukungan sepenuhnya dari CEO Apple Tim Cook yang mengaku dirinya senang dengan peran baru yang dimiliki Levinson. Cook mengaku dirinya pun merasa khawatir dengan kualitas hidup manusia yang kian menurun, dan hal ini harus segera mendapat penanganan serius. “Art merupakan salah satu orang gila yang berpikir punya cara untuk mengatasinya. Tak ada yang lebih pantas untuk memimpin misi ini,” ujar Cook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *