Ruang Transisi, Banyak Fungsi

Dalam kamus bahasa Indonesia, teras atau beranda merupakan ruang beratap yang terbuka (tidak berdinding). Biasanya ada di bagian samping atau depan rumah dan digunakan sebagai tempat duduk santai sambil menghirup udara segar. Teras pada zaman dulu, umumnya ada di muka rumah, fungsinya untuk bersantai dan menerima tamu. Pada zaman kolonial umumnya rumah memiliki ukuran teras yang cukup besar di bagian depan.

Ukuran besarnya teras pada saat itu menunjukkan status pemilik. Teras mengalami perlihan fungsi dan letak. Karena keterbatasan lahan dan mahalnya harga tanah, orang zaman sekarang cenderung memajukan bangunan rumahnya semaksimal mungkin sebatas Garis Sepadan Bangunan, sehingga letak teras pun bergeser ke samping atau belakang rumah. Faktor keamanan, privasi, polusi udara, dan polusi suara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor turut memengaruhi beralihnya letak teras.

Dengan kondisi ini, fungsi teras pun berubah menjadi tempat peralihan dari ruang luar (halaman) ke ruang dalam (bangunan). Sementara untuk kegiatan informal dialihkan ke teras samping atau teras belakang. Sebagai area peralihan, teras dapat menciptakan iklim mikro, baik di dalam bangunan rumah maupun di lingkungan sekitarnya. Tekanan udara di halaman yang mengembang saat panas dan tekanan udara di teras yang lebih dingin, menyebabkan udara mengalir dari halaman luar ke dalam teras. Melalui ventilasi, aliran udara kemudian bersirkulasi ke dalam rumah dan menyejukkan udara di dalam rumah.

Tips

Hujan lebat dapat mengakibatkan tampias pada area teras. Sebaliknya panas yang terik akan mengurangi kenyamanan aktivitas di teras. Solusinya, lengkapilah teras dengan teritisan yang lebar atau gunakan kerai untuk menahan air hujan yang dibawa angin, agar tak masuk ke teras.

Agar aman, hindari sudut tajam pada teras, terutama pada pilar atau ujung-ujung anak tangga (jika ada tangga). Buat desain pilar dengan sudut berbentuk bulat.

Untuk kenyamanan dan keamanan, letakkan peralatan listrik dan stop kontak jauh dari jangkauan anak dan aman dari tampias air hujan.

Agar kenyamanan tetap terjaga disaat listrik sedang padam tentunya dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik. Untuk mendapatkan genset yang berkualitas bisa memesannya di Distributor resmi jual genset Cummins.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *